Kamis, 08 April 2010

Sistem Operasi Mobile “Android”

Sistem Operasi Mobile “Android”

Sistem operasi Android merupakan pendatang baru di arena sistem operasi mobile. Android adalah software stack untuk perangkat mobile yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi kunci. Desain sistem operasi Android pada awalnya dimulai oleh Andy Rubin, California teknologi berbasis pengusaha yang membentuk perusahaan Android inc. Android merupakan salah satu sistem operasi pada mobile yang berbasis linux dan dikembangkan dari kernel linux v2.6 oleh android.inc. Android.inc tersebut kemudian dibeli atau diakuisasi oleh google.inc pada tahun 2005. Untuk mengembangkan android dibentuklah Open Handset Alliance yang tergabung dari beberapa perusahaan besar dan terkenal.

Android OS sendiri memilki dua versi yaitu Android dengan GMS (Google Mobile Services) dan Android OHD (Open Handset Distribution). Android dengan Google Mobile Services (GMS) dilengkapi dengan tempat dimana user bisa mengupload atau bahkan membeli aplikasi-aplikasi untuk ponselnya (android market) dan didukung sepenuhnya oleh google yang artinya dalam ponsel tersebut dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang tersinkronisasi langsung dengan Google Account kita. Beberapa contoh aplikasi tersebut antara lain, Gmail, Google Contact, Google Calendar dan Youtube. Sedangkan Android dengan Open Handset Distribution (OHD) merupakan OS Android yang sangat dasar, tanpa ada support dari Google sama sekali dan tidak memiliki android market.

Sistem operasi Android akan menjadi pilihan yang baik bagi vendor-vendor smart phone karena memiliki biaya lisensi lebih murah dan sifatnya yang open source (terbuka). sifat open source tersebut membuka peluang besar untuk komunitas ataupun non komunitas IT untuk dapat mengembangkan atau membuat aplikasinya sendiri. saat ini lebih dari ribuan aplikasi yang sudah tersebar di Android market dan website blog blog pribadi.

Sistem operasi open source yang memiliki segudang fitur ini diyakini akan siap bersaing melawan mobile os lainnya seperti blackberry, symbian, windows mobile dan mac. Selain mempunyai kelebihan android juga masih mempunyai kekurangan atau bisa dikatakan sebagai kritik yaitu Android tidak memperbolehkan aplikasi diinstal melalui memory card, android tidak memakai Java standar yang sudah berkembang, contohnya seperti Java SE and ME, ini membuat kompatibilitas antara aplikasi yang ditulis menggunakan Java dengan aplikasi platform Android menjadi tidak kompatibel, Android juga merupakan ancaman bagi beberapa perusahaan karena memberikan konsumen kebebasan untuk mendownload aplikasi yang mereka inginkan ke handphone mereka.

Sistem operasi Android ini sendiri mulai diperkenalkan November 2008 secara global. Namun Android masih terbilang asing, mengapa demikian ? Hal ini dikarenakan ponsel-ponsel Android belum banyak terdapat dipasaran, apalagi ponsel dengan sistem operasi tersebut dibandrol dengan harga yang lumayan mahal sehingga tidak mudah dijangkau kalangan menengah ke bawah.

HTC Magic adalah smartphone pertama didunia yang menggunakan sistem operasi Android, Di tengah maraknya Blackberry di Indonesia saat ini, tantangan HTC Magic memang sangat berat, tidak mudah untuk merebut pasar Blackberry ditambah lagi dengan desain Blackberry dengan Qwerty keyboard yang berhasil memikat hati para konsumennya. Sebagai awal, HTC harus bisa menunjukkan keunggulan sistem operasi Android dibanding sistem operasi mobile yang lainnya. Kalaupun para konsumen akhirnya melihat kelebihan Android, HTC harus siap bersaing dengan ponsel berbasis Android dari pabrikan lain seperti Nexus dan Samsung yang akan segera menghadirkan ponsel Android.

Sumber :

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/02/sistem-operasi-mobile-android/

http://www.inilah.com/news/read/2010/02/04/324422/ponsel-android-lebih-aman-dari-blackberry/

http://teknologi.vivanews.com/news/read/129696-ponsel_lokal_enggan_pungut_android

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.cbc.ca/technology/story/2008/09/23/f-android-faq.html

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Mobile phone tetap saja mobile phone